Temukan Perangkat Saya-Temukan Perangkat Saya, Aplikasi Dengan 5 Langkah Untuk Melacak Ponsel Yang Hilang

Lupa menyimpan ponsel (HP) ketika Anda sibuk bepergian dari kantor ke tempat pertemuan Anda? Jika Anda sibuk, terkadang hal-hal penting seperti ponsel Anda bisa tertinggal.

Pertanyaannya adalah apa yang terjadi jika Anda benar-benar lupa di mana Anda menyimpan HP Anda. Untuk pengguna iPhone, tidak mengherankan jika Anda memiliki akses langsung ke aplikasi Find My iPhone saat Anda melupakannya. Lalu bagaimana dengan pengguna Android? Android merilis FindMyDevice, sebuah aplikasi dengan 5 langkah untuk melacak ponsel yang hilang.

1. Instal aplikasi yang tersedia di Android 4.0 IceCream Sandwich

Bisakah Temukan Aplikasi Perangkat Saya Bekerja di Semua Jenis Ponsel Android? Sayangnya tidak ada. Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda setidaknya harus menggunakan sistem operasi Android 4.0 IceCream Sandwich di ponsel Anda. Anda dapat menginstalnya secara gratis dengan menemukan aplikasi di Play Store.

2. Masuk dengan akun Google Anda

Setelah instalasi, pastikan aplikasi FindyMyDevice terhubung ke akun Google Anda. Jika Anda menggunakan ponsel Android untuk membuka beberapa akun Google secara bersamaan, Anda hanya perlu menggunakan satu akun yang dapat ditautkan ke ponsel Android Anda. Setelah login, aktifkan layanan akses lokasi Anda sehingga Anda dapat menggunakan sensor GPS untuk mendeteksi ponsel Anda.

3. Periksa koneksi GPS HP dengan aplikasi

Bisakah saya menggunakan aplikasi setelah masuk? Bahkan jika Anda sudah terhubung, Anda perlu memastikan bahwa ponsel Android Anda terdeteksi oleh sistem aplikasi yang ada di akun email Google Anda.

Bagaimana Anda memindai? Anda dapat membuka aplikasi dan memilih nama gadget dalam daftar aplikasi di layar untuk mengaktifkan fungsi putar suara atau mengaktifkan penguncian dan penghapusan. Jika nama smartphone Android Anda tidak muncul dalam daftar, pilih menu Pengaturan Android, pilih Lokasi, dan aktifkan opsi Aktifkan Layanan Lokasi. Jika nama smartphone Android Anda muncul dalam daftar, maka akses GPS aktif dan dapat digunakan untuk mendeteksi lokasi Anda secara real time.

4. Gunakan Internet untuk Menemukan Perangkat Android Anda “Hilang”

Di mana ponsel Android Anda berada? Untuk mengetahuinya, Anda bisa mencari lokasinya dari situs FindMyDevice. Namun sebelum itu, Anda harus memastikan bahwa akun yang Anda gunakan untuk login adalah akun ponsel Android yang “hilang”. Dengan mengakses fitur ini, aplikasi akan mendeteksi lokasi ponsel Android Anda dengan melacak perangkat jaringan Anda. Jika Anda dapat memeriksa akses ponsel Android Anda di layar aplikasi, Anda dapat memeriksa status ponsel dan tingkat baterai.

5. Pilih akses untuk mengaktifkan saat lokasi ponsel Android Anda terdeteksi

Setelah Anda menemukan lokasi ponsel Anda yang hilang, Anda dapat menggunakan fitur aplikasi untuk mengunci atau menghapus data Anda. Jika Anda ingin mengunci ponsel Anda, atur kata sandi baru, tambahkan nomor telepon yang dapat dihubungi, dan tambahkan pesan ke layar kunci. Dalam hal ini, jika ponsel Anda ada di kantor, orang yang menemukannya dapat dengan mudah menghubungi Anda.

Jika orang lain dapat dengan mudah mengakses data smartphone Android Anda yang hilang, Anda dapat memilih untuk menghapus semua data di ponsel Anda. Anda juga dapat menggunakan fitur aplikasi Temukan Perangkat Saya untuk menghapus data di memori internal atau kartu SD dari jarak jauh untuk melakukan tindakan ini.

Saat ini Find My iPhone sudah tersedia untuk pengguna Android, jadi bukan hanya pengguna iPhone saja yang memiliki Find My iPhone.